Rabu, 27 April 2016

TAHAP DEMI TAHAP PEMBUATAN TEROMPET PENCAK BAGIAN 1


(Pembuatan Tikoro Terompet Pencak)

                Berikut ini  akan dibahas bagaimana Terompet Pencak dibuat. Disini saya akan menerangkan terlebih dahulu bagian paling atas dari terompet pencak yang biasa disebut Tikoro atau  tenggorokan terompet. Dalam pembuatan tikoro terompet ada 2 jenis panjang tikoro, Hal ini dikarenakan kebutuhan masing-masing tiap pemain terompet berbeda. Pada jenis pertama tikoro yang dibuat berukuran 7 cm atau bila diukur dengan jari ukuranya hampir pas dengan 4 buah jari tangan kita. Jenis tikoro ini umumnya sering digunakan oleh pemain terompet yang sering melakukan pertunjukan tanpa dibarengi sinden atau vokal seperti pada kesenian Pencak Silat. Hasil keluaran suara dari tikoro jenis ini cenderung memiliki nada lebih tinggi (Treble) dikarenakan ukuranya yang sangat pendek dari tipe kedua sehingga tikoro jenis ini sangat tidak cocok digunakan pada kesenian yang dibarengi oleh sinden karena dengan keluaran nada yang tinggi rata-rata sinden akan kerepotan dalam menyanyikan lagu yang dibawakan tikoro terompet jenis ini.
                Kemudian ada lagi  Tikoro terompet jenis kedua. Pada jenis ini Tikoro terompet memiliki ukuran 10 – 12 cm, jenis ini biasa digunakan oleh pemain terompet yang sering melakukan pertunjukan dibarengi oleh sinden seperti pada kesenian kuda Renggong, Kuda Lumping atau Reak dan lain sebagainya. Jenis tikoro ini memang umum digunakan pada kesenian *HELARAN yang dibarengi sinden karena dengan keluaran nada yang rendah sangat memungkinkan sinden dalam mengejar nada lagu  yang dimainkan pada tikoro jenis ini. Baiklah, supaya tidak panjang lebar kita langsung saja membahas bagaimana tikoro terompet pencak dibuat.

1.       Langkah pertama yang harus disiapkan tentunya Alat dan Bahan yang akan digunakan, Alat yang digunakan terdiri Dari Gergaji, Bor, Mata Bor ukuran 3 mm, Jala Besi diameter 2mm dan panjang 15 cm. Kikir bentuk runcing, Amplas, Pisau Raut, Pisau Cutter dan Golok. Kemudian untuk bahannya kita gunakan jenis kayu yang keras namun mudah untuk di ukir seperti kayu Jati bekas kusen rumah atau furniture yang rusak.
2.       Potong kayu jati berlawanan dengan serat kayu dengan ukuran 7 cm;
3.       Bulatkan kayu tadi hingga berbentuk tabung dengan bantuan golok menjadi bediameter ± 2cm;
4.       Lubangi Bagan atas kayu memakai mata Bor ukuran 3mm kemudian gunakan jala untuk meneruskan lubang pengeboran tadi caranya dengan membakar jala pada bara api dan menusukan pada bekas lubang bor tadi, tahap ini dilakukan berulangkali hingga lubang bor tadi tembus ke bagian bawah kayu;
5.       Pada bagian bawah kayu yang sudah di bor kita kikir lubang tadi hingga memiliki diameter lubang yang mengerucut.
6.       Selanjutnya bila lubang sudah mengerucut kita ukir kayu menjadi seperti bentuk di samping atau sesuai keinginan kita. Catatan : pada bagian bawah tikoro kita buat diameter kayu menjadi berukuran ± 5mm dan untuk bagian atasnya dibuat bentuk kotak dengan ukuran tiap sisi ± 5mm.
7.       Setelah ukuran kayu terbentuk selanjutnya kita Amplas permukaan kayu sampai halus dan bila nada yang dihasilkan sudah pas maka Tikoro pun siap di Cat;

Contoh picture untuk tikoro terompet:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar