Rabu, 27 April 2016

TAHAP DEMI TAHAP PEMBUATAN TEROMPET PENCAK BAGIAN 2

(Pembuatan Corong Terompet Pencak)

                Pada tahap kedua pembuatan terompet pencak saya akan menjelaskan bagaimana pembuatan corong terompet pencak, corong ini fungsinya sebagai pengatur keluaran nada akhir dalam terompet pencak. Corong terompet ini memiliki ukuran panjang kurang lebih 18cm. dengan diameter daun corong antara 9-15cm.

                Corong ini sangat berpengaruh sekali  dalam hasil keluaran suara terompet, semakin besar dimeter dan panjag corong maka nada yang dihasilkan akan semakin rendah.

                Dalam Pembuatan Corong terompet pencak Kayu yang digunakan Biasanya kayu yang memiliki berat ringan namun tetap memiliki keawetan, Beberapa diantaranya yaitu kayu Jati , Dahan pohon Waru, Kayu Talingkup, dan Kayu kenanga. Ketika membuat corong dari dahan pohon, biasanya setelah dibentuk biasanya kayu akan mengalami retak pada bagian serat kayunya, oleh karena itu pilihlah dahan kayu yang diameternya lebih besar dari ukuran corong yang akan kita buat.
                Sama seperti pembuatan tikoro terompet pencak, pembuatan corong pun dimulai dari tahap pemotongan kayu sesuai ukuran yang dikehendaki, setelah kayu dipotong, kita lubangi bahan kayu dengan mata bor ukuran 12 mm. setelah dilubangi proses selanjutnya kita bentuk menjadi corong terompet pencak dengan menggunakan beberapa alat diantaranya,Amplas, gergaji triplek, pisau raut dan pahat ukir dan terakhir. Untuk membuat lubang terompet menjadi halus kita gunakan amplas yang digulung  dan dilem pada sumpit bambu dan kita gosok pada permukaan dalam corong terompet hingga halus.  setelah selesai dibentuk dan diukir maka corong terompet pun sudah selesai dibuat. Agar tidak mengalami kesulitan lebih baik kita meniru dari contoh terompet yang sudah ada. Namun terompet yang akan kita jadikan contoh haruslah memiliki kualitas yang baik dari segi suara maupun kerapihan ukiran dan kesesuaian nadanya.
Berikut beberapa gambar corong terompet yang pernah saya buat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar