Rabu, 27 April 2016

TAHAP DEMI TAHAP PEMBUATAN TEROMPET PENCAK BAGIAN 3

(Pembuatan Badan Terompet Pencak)


                Pada Tahap ini Bisa jadi memiliki kerumitan yang sangat tinggi Karena dalam pembuatan badan terompet memiliki beberapa syarat penting yang menjadi acuan dalam pembuatanya, beberapa aspek tersebut diantaranya Pada bentuk Bagian dalam lubang harusnya memilikibentuk yang agak mengerucut dimulai dari ukuran lubang bagian atas yang harus memiliki diameter 8mm dan  lubang bagian bawah harus berdiameter 10.5mm hal ini bermaksud supaya hembusan angin bisa keluar merata pada lubang nada dan tentunya membuat tiupan terompet menjadi ringan. Ketentuan selanjutnya yaitu badan terompet harus memiliki lubang nada dengan posisi miring menghadap bagian atas dengan diameter lubang nada sekitar 3mm, posisi miring terseebut membantu mengefektifkan keluarnya angin meski hanya keluar pada lubang yang begitu kecil. Ketiga Posisi jarak antar lubang nada yang kita buat Harusnya sesuai dengan nada dasar, baik sesuai dengan nada diatonis maupun sesuai dengan nada pentatonis perlu ketelitian pada saat pembuatan lubang nada karena kalau tidak sesuai, Badan terompet yang kita buat  pastinya tidak bisa digunakan. Pada Tahap ini juga sangat disarankan untuk meniru Dari terompet yang sudah ada dan memiliki suara yang sesuai dengan patokan nada.

                Bahan yang digunakan dalam membuat badan terompet ini sebenarnya bisa kita gunakan kayu jenis apapun, namun masalahnya pada beberapa jenis kayu memiliki kekurangan masing-masing seperti bila kita menggunakan kayu Albasia kayu ini memang mudah untuk dibentuk tetapi karena memiliki tekstur yang lunak maka keawetanyapun tidak akan lama,  kemudian bila kita memakai bahan kayu hitam borneo ini tentunya akan sangat sulit dibentuk karena terlalu keras, namun begitu kalau berhasil tentu keawetanya akan sangat lama, Lain lagi bila kita menggunakan Kayu Jati , Kayu ini memiliki kekerasan yang sedang dan terkenal dengan keawetanya ini memiliki tekstur serat yang indah dan nyaman untuk diukir sehingga kayu jati ini sangat direkomendasikan untuk dibuat badan terompet pencak walaupun memiliki harga yang lumayan mahal. Saya menyarankan Bila menggunakan Kayu jati sebagai bahan dasar, hendaknya memakai kayu jati yang sudah tua yang biasanya kita bisa dapatkan dari bekas Meja kuno dan bekas kusen-kusen rumah tua.

                Banyak mitos yang beredar pada bahan untuk pembuatan badan terompet pencak, akan sangat bagus suaranya bila menggunakan batang tanaman cabai rawit atau di Jawa Barat disebut cengek . Ini tentunya Salah besar menurut penelitian saya jenis kayu memiliki persentase yang sangat kecil dalam pengaruh nada yang dihasilkan apabila bukan kayu keras yang digunakan. Namun yang menjadi pengaruh besar  dalam bagus tidaknya suara yang dihasilkan Terompet pencak sudah pasti ukuran diameter lubang dalam, dan Jarak antar  lubang nada, dan tentu bukanlah dari jenis tanamannya, apalagi jika menggunakan batang tanaman cabai tentunya keawetan bahanpun tidak akan lama.


Berikut contoh Badan Terompet yang pernah saya buat:


1 komentar: